Kamis, 12 Januari 2012

Bergerak Menuju Hidup Sehat



Cara Mengurangi Stress dan Merevitalisasi Hidup        

Adakalanya dalam beraktivitas kita merasa letih dan stress dengan permasalahan yang dihadapi. Saya saja hampir setiap hari menghadapi stress, namun saya selalu mengimbanginnya dengan olah raga teratur. Berikut ini cara yang efektif untuk meminimalisir stress yang menyerang siapa saja.

1. Kurangi Pemakaian Garam

Merasa cepat naik darah? Salah satu penyebabnya mungkin garam. Terlalu banyak garam akan menyebabkan kekurangan air dan naiknya tekanan darah.Kurangi garam dengan memilih bahan-bahan alami (bukan makanan kalengan atau prosesan) dan dengan mencoba bereksperimen dengan bumbu lain seperti bubuk kari, bawang putih, jinten atau rosemary untuk memberikan rasa pada makanan anda. Anda akan memperkuat wawasan kuliner anda dan juga akan merasa lebih bertenaga.

2. Naik tangga

Ketika anda merasa marah atau stress, lebih mudah untuk makan permen, merokok, atau meneguk segelas kopi untuk melawan stress tersebut. Penangkal stress yang ideal? Berolahraga. Lain kali, ketika anda stress atau kesal, naiklah tangga atau berjalanlah dengan cepat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan berolahraga selama 10 menit dapat meningkatkan mental.

3. Kurangi makan Donat

Berusaha mengatasi stress dengan makan? Ketika anda sedang mengalami ketegangan, anda mungkin akan memilih makanan menyenangkan ketimbang buah-buahan dan sayur sayuran. Tetapi ketika makanan yang kaya akan karbohidrat dan gula itu mulai bereaksi dalam tubuh anda, anda akan merasa lesu. Ditambah lagi, kalori yang berlebih secara cepat akan meningkatkan berat badan anda – dan meningkatkan resiko akan permasalahan kesehatan. Dengan demikian, di lain waktu ketika anda merasa cemas, jangan makan makanan yang manis. Cobalah untuk makan apel atau menarik nafas panjang sepuluh kali.

4. Tidur yang Cukup

Hilangkan kantong mata anda dengan tidur yang cukup. Para ahli merekomendasikan 7 hingga 8 jam tidur pada waktu malam untuk istirahat yang cukup dan mengurangi stress. Susah tidur? Jangan minum kopi setelah lewat tengah hari. Jangan berolahraga dua jam sebelum tidur. Buatlah kamar tidur anda sebagai daerah “hanya untuk tidur” – tidak ada TV, binatang peliharaan, computer atau barang lainnya yang dapat mengganggu tidur anda. Jika tips ini tidak dapat bermanfaat, konsultasikan ke dokter anda.

5. Keluar dari Rutinitas

Cobalah jadwal yang berubah-ubah, apakah dengan cara mengubah rutinitas anda atau dengan mencoba sesuatu yang baru – seperti merubah gaya rambut anda – untuk memperbaiki penampilan anda dan suasana hati anda. Mengendarai mobil dengan rute yang berbeda, membawa anjing anda jalan jalan dengan rute yang berbeda, atau makan makanan yang berbeda untuk sarapan anda dapat membantu memberikan suasana lebih segar. Fokuslah pada satu perubahan yang gampang dalam satu waktu agar dapat berhasil.

6. Berjalan di Sekitar Perumahan Anda

Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di pusat kebugaran – bahkan dengan gerakan sedikit juga dapat menyebabkan anda terhubung dengan tubuh anda dan membantu anda mendapatkan kembali energi anda. Jalan-jalan sore di sekeliling perumahan anda dapat juga menyegarkan kepala anda, dan  olahraga yang mengandung meditasi – seperti yoga atau tai chi – dapat juga menyegarkan tubuh dan pikiran anda.

7. Makan lebih banyak Serat

Serat dapat membuat anda merasa kenyang secara cepat dan juga mengurangi berat badan. Makan serat yang cukup juga akan membuat anda lebih teratur dan bagus untuk jantung anda. Jadi selain manfaat kesehatan yang lebih baik, dengan makan serat yang cukup juga akan mengurangi stress! Berita bagusnya adalah serat juga terdapat dalam berbagai bentuk dan juga rasa, mulai dari gandum dan roti gandum dan sereal hingga ke buah buahan seperti apel, jeruk, dan strawberry juga sayur sayuran.

8. Fokus pada Saat Kini

Sadar akan dimana anda berada dan apa yang terjadi saat ini – beberapa mengatakan hal ini adalah kemampuan untuk mengendalikan pikiran – dapat membantu anda tenang daripada merasa resah terhadap apa yang akan terjadi pada masa depan yang suram. Lepaskanlah pikiran tentang masa lalu dan juga masa depan, dan fokuslah pada saat kini. Merasakan angin yang bertiup mengenai kulit anda? Merasakan bagaimana trotoar dibawah kaki anda? Jika pikiran anda melayang, tariklah kembali dan fokuslah pada saat kini.

Cara diatas bisa dicoba kapanpun dan dimanapun. Sebagai seorang wanita yang hidup mandiri demi masa depan yang lebih baik, saya menghadapi dunia perkuliahan dan pekerjaan yang benar benar membuat saya stress. Dengan cara diatas bisa lebih nyaman dan santai dalam menghadapi kehidupan, jadi stress jauh deh!

Sumber : http://erabaru.net/featured-news/48-hot-update/29107-8-cara-untuk-mengurangi-stress-dan-merevitalisasi-hidup-anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar